Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Buku ini kami persembahkan bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau mahasiswa yang berada dalam lingkup Keguruan dan Ilmu Pendidikan, juga bagi guruguru dan praktisi pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Tentunya buku ini dapat menjadi referensi utama dalam memahami dan mengetahui karakteristik peserta didik SD pada setiap aspek perkembangannya. Pemahaman terhadap karakteristik peserta didik SD pada aspek fisik dan perseptual membantu guru dalam mendesain kegiatan pembelajaran dan pola penyajian materi ajar agar sesuai dengan kondisi fisik dan perseptual anak didik. Begitu juga dengan pemahaman pada aspek intelektual dan kreativitas dapat membantu guru dalam memilih media pembelajaran, menentukan model/ strategi/metode pembelajaran, pola penyajian materi ajar, serta menciptakan iklim dan suasana pembelajaran yang sesuai. Pun demikian, pemahaman terhadap aspek sosial, emosional, dan moral membantu guru menciptakan iklim dan suasana pembelajaran yang sesuai dengan kepribadian anak didik secara klasikal dan sebagai pedoman dalam melakukan pendekatan. Sedangkan pemahaman terhadap karakteristik peserta didik pada aspek bahasa tentu akan membantu guru dalam menyajikan materi ajar, melakukan pendekatan terhadap peserta didik, dan menciptakan iklim dan suasana pembelajaran sesuai kemampuan komunikasi peserta didik. Peserta didik adalah subjek pembelajaran, individu yang diharapkan dapat menguasai materi ajar yang diberikan dan mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Oleh karena itu kemampuan untuk memenuhi kebutuhan subjek pembelajaran iv tersebut merupakan sesuatu yang mutlak. Penjelasan di atas merupakan jabaran singkat mengenai pentingnya memahami perkembangan peserta didik dalam mempersiapkan pembelajaran yang sesuai. Kami harap keberadaan buku ini dapat membantu mahasiswa, guru, dan praktisi pendidikan jenjang SD dalam memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut. Akhir kata, sesuai tujuan awal kami untuk mempermudah pihak-pihak yang berkepentingan menemukan rujukan yang tepat, semoga buku ini mendapatkan tempat di hati pembaca dan bermanfaat dalam mengawal guru menciptakan pembelajaran yang selaras dengan karakteristik peserta didik SD.

Keterampilan motorik juga dapat merangsang perkembangan fisik anak secara
signifikan dan menunjang dari keberhasilan kegiatan belajar anak. Kemampuan
keterampilan motorik anak pada usia SD jauh lebih terkoordinasi dan lebih ...