Fakultas | Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Kode Matakuliah | FIP158 |
Nama Matakuliah | ADMINISTRASI & SUPERVISI PENDIDIKAN |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Bambang Irawan, M.Pd., Dr. Iswan, M.Si. |
Peserta Perkuliahan | 2019820008 - LENA AMELIA, 2019820011 - MUTIA SALSABILA RAHMATILLAH RIDWAN, 2019820028 - PUTRI NABILA HAQI, 2019820029 - KHAIRUN NISA AULIA, 2019820031 - VELY FEBRIYANI, 2019820036 - DESTI SAFITRI, 2019820055 - SYAHRANA NISFA MULIA, 2019820075 - SELVIANA JULIA ROHIM, 2019820079 - MAULIDA THIFAL ADILAH, 2019820080 - SALWA NURIL IZZATI, 2019820084 - MEGA APRILIYAH, 2019820086 - EVA AWALLIA, 2019820091 - NURITA WULAN AGUSTIN, 2019820095 - NURUL AZIZAH, 2019820102 - RIANI GIFTIA NABILLA PUTRI, 2019820107 - SAFITRI HIDAYATI, 2019820123 - NURSHIFA ROMADHON, 2019820124 - IKATURRAHMAN, 2019820126 - YULIA YADIKA PUTRI, 2019820129 - NABILAH FARHAH, 2019820132 - CINDY AMANDA, 2019820134 - BARKAH MUSYAROFAH, 2019820137 - TRIANA FEBYANTI, 2019820140 - PUTRI DAMAYANTI, 2019820143 - FATHIMAH JAHRA MAULINA, 2019820144 - UTAMI NUR SANDI, 2019820165 - SHELSA NAMIRA, 2019820180 - DIVIANI NUR AZZAHRA, 2019820191 - YUMNA MAHDIYYAH ZAHRA, 2019820195 - DIVA ALISYA PUTRI, 2019820206 - MIMIS TRI DEVI AHMAD, 2019820207 - DAFINA DAMAYANTI, 2019820244 - RISA AROFATU PADILA, 2019820258 - IKHO AULIA SANI |
Administrasi & Supervisi Pendidikan
Menguasai konsep, teori, tujuan, pendekatan, fungsi dan teknik-teknik administrasi dan praktek supervisi pendidikan di sekolah
Minggu ke | Kemampuan Akhir Pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | RPS. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
Catatan Ujian Diskusi :24 Materi Tugas pertemuan ke 1 Audio Video | ||||||||
2 | Administrasi Pendidikan Pengertian Administrasi pendidikan Bidang kegiatan dalam administrasi pendidikan |
Mahasiswa memahami administrasi pendidikan.... | Buku, jurnal | Daring | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ringkasan materi | Manajemen dan Administrasi pendiidkan |
Catatan Ujian Diskusi :35 Materi Meringkas Materi Pertemuan 2, ... Audio Video | ||||||||
3 | Paradigma Filsafat Administrasi pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Filsafat Administrasi pendidikan | Daring | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Diskusi makalah kelompok | Buku dan Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :34 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
4 | Hubungan Administrasi, Manajemen dan Kompetensi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Administrasi, manajemen dan kompetensi | Daring | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Diskusi pemakalah kelompok | buku dan jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :37 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
5 | Sejarah Ilmu Administrasi dan Inovasi Penataan Sistem Administrasi Pendidikan | Mahasiswa mampu memahami dan mmenjelaskan dan mendikusikan .... | Inovasi Sistem Administrasi pendidikan | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku dan Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :37 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
6 | Paradigma Baru Administrasi Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Administrasi Pendidikan | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku dan Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :36 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
7 | Administrasi dan Supervisi Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Administrasi Sekolah | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku dan Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :36 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
8 | UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Adminsitrasi dan Supervisi Pendidikan | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Bahan Perkuliahan |
Catatan Ujian Diskusi :66 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
9 | Konsep Dasar Supervisi Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menjelaskan dasar supervise Pendidikan; - Menjelaskan pengertian supervise Pendidikan; - Menjelaskan tujuan, dan fungsi supervise Pendidikan - Mengidentifikasi beberapa karakteristik supervise pendidikan |
Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku, Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :34 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
10 | Model Pendekatan Dalam Supervisi Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | - Menjelaskan beberapa model supervisi pendidikan - Faktor-faktor terjadi adanya model supervise Pendidikan - Memberi contoh |
Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku, Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :35 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
11 | Tahapan dan Teknik Supervisi Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | - Menjelaskan tahapan supervise Pendidikan - Mencontohkan Teknik-teknik supervise pendidikan - Membedakan tahapan dan Teknik-teknik dalam supervise Pendidikan |
Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku, Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :36 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
12 | Peran pelaksanaan dan Batasan dalam supervisi pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menjelaskan pelaku atau subyek dalam supervise Pendidikan - Mengidentifikasi syarat bagi supervisor Pendidikan - Menjelaskan Batasan supervise Pendidikan |
Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku, Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :33 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
13 | Cara membuat konsep supervise Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | - Menjelaskan konsep dan indicator supervise Pendidikan - Menjelaskan pendekatan supervise pendidikan - Menjelaskan model supervise Pendidikan - Mensimulasikan konsep, indicator, dan pendekatan supervise Pendidikan |
Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku, Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi :35 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
14 | Studi Kasus Praktek supervisi pendidikan di Sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | - Studi kasus supervisi Pendidikan - Membandingkan konsep supervise Pendidikan secara teori dengan pelaksanaan di Sekolah - Menjelasakan problematika pelaksanaan Supervisi Pendidikan |
Tugas kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku, jurnal, peraturan terkait |
Catatan Ujian Diskusi :32 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
15 | Laporan kerja praktek supervise Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | - Menulis laporan praktek supervise - Menjelaskan latar belakang dan permasalahan supervise Pendidikan - Menjelaskan temuan dalam pelaksanaan supervise Pendidikan - Memberikan resfon atau evaluasi atas pelaksanaan supervise Pendidikan - Menyimpulkan dan merekomendasikan hasil pelaksanaan supervise Pendidikan |
Laporan Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku, Jurnal, Peraturan pendukung |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
16 | UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Administrasi dan Supervisi Pendidikan | Tes Essay | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi Perkuliahan |
Catatan Ujian Diskusi :34 Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: FIP158-ADMINISTRASI & SUPERVISI PENDIDIKAN (2 SKS), Semester: 3 FSD, Dosen : Bambang Irawan, M.Pd., Dr. Iswan, M.Si., Ruang: 308, Hari: Selasa, 13.00 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semua hak cipta dilindungi oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta