Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Buku ini kami persembahkan bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau mahasiswa yang berada dalam lingkup Keguruan dan Ilmu Pendidikan, juga bagi guruguru dan praktisi pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Tentunya buku ini dapat menjadi referensi utama dalam memahami dan mengetahui karakteristik peserta didik SD pada setiap aspek perkembangannya. Pemahaman terhadap karakteristik peserta didik SD pada aspek fisik dan perseptual membantu guru dalam mendesain kegiatan pembelajaran dan pola penyajian materi ajar agar sesuai dengan kondisi fisik dan perseptual anak didik. Begitu juga dengan pemahaman pada aspek intelektual dan kreativitas dapat membantu guru dalam memilih media pembelajaran, menentukan model/ strategi/metode pembelajaran, pola penyajian materi ajar, serta menciptakan iklim dan suasana pembelajaran yang sesuai. Pun demikian, pemahaman terhadap aspek sosial, emosional, dan moral membantu guru menciptakan iklim dan suasana pembelajaran yang sesuai dengan kepribadian anak didik secara klasikal dan sebagai pedoman dalam melakukan pendekatan. Sedangkan pemahaman terhadap karakteristik peserta didik pada aspek bahasa tentu akan membantu guru dalam menyajikan materi ajar, melakukan pendekatan terhadap peserta didik, dan menciptakan iklim dan suasana pembelajaran sesuai kemampuan komunikasi peserta didik. Peserta didik adalah subjek pembelajaran, individu yang diharapkan dapat menguasai materi ajar yang diberikan dan mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Oleh karena itu kemampuan untuk memenuhi kebutuhan subjek pembelajaran iv tersebut merupakan sesuatu yang mutlak. Penjelasan di atas merupakan jabaran singkat mengenai pentingnya memahami perkembangan peserta didik dalam mempersiapkan pembelajaran yang sesuai. Kami harap keberadaan buku ini dapat membantu mahasiswa, guru, dan praktisi pendidikan jenjang SD dalam memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut. Akhir kata, sesuai tujuan awal kami untuk mempermudah pihak-pihak yang berkepentingan menemukan rujukan yang tepat, semoga buku ini mendapatkan tempat di hati pembaca dan bermanfaat dalam mengawal guru menciptakan pembelajaran yang selaras dengan karakteristik peserta didik SD.

Keterampilan motorik juga dapat merangsang perkembangan fisik anak secara
signifikan dan menunjang dari keberhasilan kegiatan belajar anak. Kemampuan
keterampilan motorik anak pada usia SD jauh lebih terkoordinasi dan lebih ...

Filsafat Pendidikan Jasmani

Maksud pokok penulisan buku ini adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok mahasiswa terhadap referensi mata kuliah Filsafat Pendidikan Jasmani. Oleh karena itu, diharapkan buku ini menjadi rujukan bagi mahasiswa untuk mengetahui dan memahami lebih mendalam tentang Filsafat Pendidikan Jasmani. Para mahasiswa, penulis berharap anda akan merasa senang mempelajari buku ini, walaupun isi dan sistematikanya masih banyak kesalahan dan kekurangannya. Oleh karena itu untuk kepentingan penyempurnaan, penulis sangat berharap saran dan masukannya dari berbagai kalangan, khususnya mahasiswa.

Oleh siedentop dijelaskan, alasan tentang munculnya konsep pendidikan
olahraga yang di Amerika Serikat muncul tahun 1986 adalah: a. Olahraga
berintikan permainan b. Partisipasi masyarakat dalam olahraga berarti
melestarikan kultur ...