Buku Psikologi Perkembangan ini membahas pengertian dan konsep dasar psikologi perkembangan, yang diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya dan para pendidik pada umumnya di dalam memahami secara cepat dan tepat perihal psikologi perkembangan. Selain aspek dan metodologi dasar psikologi, buku ini secara lengkap membahas fase perkembangan individu manusia (dari masa kandungan, masa bayi, masa awal anak, masa akhir anak, masa remaja, masa dewasa, dan masa tua); pengertian pertumbuhan, kematangan, dan perkembangan; prinsip-prinsip pertumbuhan perkembangan; teori perkembangan; aspek pendukung perkembangan pendidikan anak; serta psikologi perkembangan pada pendidikan di Indonesia. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)
Buku Psikologi Perkembangan ini membahas pengertian dan konsep dasar psikologi perkembangan, yang diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya dan para pendidik pada umumnya di dalam memahami secara cepat dan tepat perihal psikologi ...
Bermain adalah dunia anak. Bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan dari bermain anak terstimulasi perkembangannya. Buku ini selain sebagai penunjang referensi dalam ilmu psikologi, dasar awalnya adalah ingin mengubah mindset para khalayak umum yang menyampaikan bahwa anak sebaiknya belajar dan belajar. Tidak boleh bermain! Namun, dengan berjalannya waktu ketika muncul keinginan para pendidik untuk membuat proses belajar yang menarik, mulailah bermain dimasukkan dalam metode anak belajar, dengan harapan belajar menjadi menyenangkan (joyful learning). Selain itu, banyaknya keluhan dampak ketika anak bermain gadget, maka perlu adanya referensi untuk memperjelas mengapa hal tersebut dapat terjadi. Buku ini diawali dengan pemahaman mengenai sejarah bermain yang mendasari munculnya teori-teori dalam bermain. Proses psikologis terjadi selama proses anak bermain. Fungsinya dapat sebagai stimulasi maupun intervensi perkembangan anak. Bermain sebagai stimulasi dan intervensi banyak dilakukan dalam bidang psikologi klinis dan psikologi pendidikan. Teori bermain baik yang klasik dan modern menjadi dasar dalam menganalisis dampak atau manfaat bermain bagi perkembangan. Setelah selesai membaca buku ini, pembaca diharapkan mampu memahami manfaat bermain bagi perkembangan dan akhirnya akan mampu merancang permainan yang dapat digunakan dalam menstimulasi perkembangan, maupun ketika membeli mainan dapat mempertimbangkan fungsi stimulasi yang ada. Ketika seseorang melakukan permainan, maka di dalamnya terdapat dasar perilaku berpura-pura. Unsur berpura-pura dalam bermain dikenal dengan istilah pretending. Melalui visualisasi dalam buku ini, pembaca akan melihat macam dan jenis alat mainan sehingga akan lebih mudah untuk menentukan/memilih alat mainan ketika telah mengetahui manfaatnya. Selanjutnya, dibahas tentang bermain yang terkait dengan perkembangan theory of mind, yaitu perkembangan mental anak, bagaimana anak mampu memahami mental dirinya dan memahami mental orang lain. Dunia bermain yang dekat dengan anak akan membuat anak merasa nyaman dalam mengungkapkan perasaan ketika dia bermain peran, alat-alat serta pelaksanaan dari play therapy.
Pertumbuhan yang terjadi pada anak usia dini tidak hanya meliputi perubahan fisik, tetapi juga perubahan dan perkembangan dalam berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku kedewasaan atau kematangan (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Suatu proses perubahan di mana anak belajar menguasai tingkat yang lebih tinggi dari aspek gerakan, berpikir, berperasaan, dan berinteraksi pada sesamanya maupun dengan benda-benda dalam lingkungan sekitar kehidupannya. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)
(PNJ-06-00003995) Dipinjam sampai 19-03-2020 pada PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.062181
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.062074
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.062070
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.062000
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.061960
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.061620
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.061619
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.061618
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.061617
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
01.061616
Tersedia di PERPUSTAKAAN FIP - UMJ
Pertumbuhan yang terjadi pada anak usia dini tidak hanya meliputi perubahan fisik, tetapi juga perubahan dan perkembangan dalam berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku kedewasaan atau kematangan (maturation) yang berlangsung secara ...
Anak, anugerah terindah yang telah mencuri perhatian dan kasih sayang para orang tua bahkan ketika masih dalam kandungan. Tahapan demi tahapan perkembangannya seperti lembaran buku; selalu menghadirkan hal baru yang menuntut para orang tua atau orang dewasa yang ada di sekeliingnya untuk terus belajar memahami mereka seiring dengan perkembangan usaha mereka untuk memahami para orang tua dan lingkungan sekitarnya. Dari perspektif tersebut sajian buku ini disusun berdasarkan kronologis perkembangan anak dalam sorotan psikologi. Maka, pada bagian pertamanya akan tersajikan perbincangan tentang konsepsi dan pranatal: bagaimana proses perkembangan pranatal, apa dan mengapa terjadi aborsi, berbagai hal yang berkaitan dengan proses kelahiran dan tnetode melahirkan, hingga kondisi psikologis bayi yang dilahirkan secara prematur atau postmature. Berbagai penyimpangan genetis dan teratogen dan efek mereka kepada perkembangan fisik janin dalam kandungan maupun bayi yang kelak dilahirkan, juga dihadirkan di bagian ini. Buku persembahan Prenada Media Group.